Kamis, 13 September 2012

IRBA, dimana eksistensimu sekarang?

IRBA merupakan singkatan dari Ikatan remaja Balongan, yaitu sebuah organisasi remaja yang peduli dengan keadaan sosial masyarakat sekitar. Walaupun awalnya IRBA ini lebih eksis di bidang seni dan olahraga, namun seiring berjalannya waktu organisasi ini mulai berkembang dan kegiatannya merambah ke bidang-bidang lainnya, seperti: lingkungan, keagamaan, pendidikan, dsb.

Sekarang, eksistensi IRBA perlu dipertanyakan?
Karena selama beberapa bulan terakhir ini, IRBA tidak melakukan aktifitas yang signifikan. Jangankan melakukan agenda besar, bahkan melakukasn agenda kecil yang biasa rutin dilakukan pun tidak berjalan, contoh: peringatan kemerdekaan NKRI tahun ini.

Lalu, kenapa eksistensi IRBA saat ini semakin rendah? 
Ada 2 faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama, Faktor internal: koordinasi dan komunikasi yang kurang baik antar personal IRBA, kaderisasi yang sangat lemah, dan regenerasi yang terlalu dini.  Kedua, faktor eksternal: masuknya budaya-budaya luar yang mengurangi rasa kepedulian sosial, adanya tuntutan keluarga yang mengharuskan personal IRBA fokus ke sekolah atau pekerjaannya, dan adanya wadah-wadah atau organisasi-organisasi dari luar yang eksis di wilayah balongan.

Bagaimana sikap kita untuk meningkatkan kembali eksistensi IRBAdi masyarakat?
Inilah tantangn untuk kita semua sebagai masyarakat Balongan. Menurut saya solusinya adala:
Pertama, lakukan evaluasi dan up grading kinerja organisasi sekarang juga. Kedua, libatkan  alumni-alumni ( yang berpengalaman ) untuk turut melakukan proses kaderisasi yang baik. Ketiga, Irba Harus bisa menumbuhkan kepekaan sosial anggotanya melalui forum diskusi yang membahas isu-isu sosial yang sedang berkembang, membuat mading yang provokatif utk melakukan aksi sosial, dsb. Keempat, IRBA harus bisa menjadi wadah yang edukatif dan produktif bagi anggotanya. Kelima, jadikan organisasi luar yang eksis di wilayah balongan sebagai tempat kita menimba pengalaman dan pendewasaan diri dalam berorganisasi sehingga pengalaman-penglaman tersebut dapat dipakai untuk membesarkan IRBA.

Demikian, langkah-langkah yang perlu irba lakukan agar IRBA bisa kembali eksis di masyarakat.
Bagaimana Pendapat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: