Rabu, 19 September 2012

Paguyuban RW02 Balongan, mau dibawa kemana?

Paguyuban RW02 Balongan adalah sebuah organisasi yang dibentuk atas inisiasi warga Balongan 2. Paguyuban ini terbentuk dilatarbelakangi oleh adanya pro kontra tentang pengelolaan pantai Balongan sebagai tempat wisata oleh kelompok tertentu yang mengatasnamakan masyarakat Balongan. Makanya adanya tempat wisata ini, awalnya sempat ditentang keras oleh kelompok muda sebagai representasi dari ikatan remaja Balongan ( IRBA ) dan masyarakat balongan, karena pengelolaan pantai ini dinilai  hanya untuk kepentingan golongan bukan untuk masyarakat. Namun setelah dilakukan beberapa kali pertemuan atau musyawarah antar warga akhirnya lahirlah sebuah kesepakatan untuk membuat sebuah wadah yang dapat mengelola pantai Balongan sebagi tempat wisata dan keuntungannya benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat Balongan. Wadah yang terbentuk ini diberi nama
Paguyuban RW02 Balongan.

Dalam perjalanannya sampai saat ini, paguyuban ini mengalami empat kali pergantian ketua. Tentunya setiap pergantian pucuk pimpinan ini, terjadi pula pergantian atau perubahan kebijakan-kebijakannya sesuai dengan latar belakang pemimpinnya yang memegang paguyuban. Kepemimpinan ala ketua RT, ala aktivis mahasiswa, ala kontraktor proyek, dan ala pengusaha bengkel. Namun siapa dan apa pun background pucuk pimpinan paguyuban ini tidak menjadi masalah. Yang penting mereka mempunyai komitmen dan konsistensi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat Balongan dan mengutamakan kepentingan bersama ( masyarakat) bukan kepentingan "perut" pribadi. Dan yang lebih penting lagi mereka sebagai nahkoda  organisasi harus punya visi yang jelas, kemana paguyuban ini akan dibawa. Jangan sampai paguyuban diajdikan kendaraan politik oleh golongn tertentu atau dijadikan ajang monopoli bisnis oleh individu atau kelompok tertentu. 

Lalu kemanakah harus dibawa Paguyuban RW02 Balongan?
Aktifitas Paguyuban RW02 Balongan harus diarahkan kepada pencapai visi yang telah ditetapkan yaitu terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat balongan.Semoga dengan kontribusi dari semua lapisan masyarakat Balongan pencapaian visi Paguyuban RW02 Balongan dapat terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: