Kamis, 12 Desember 2013

Cara Mudah, Praktis, & Murah Membuat Kerajinan Tangan Unik & Kreatif Dari Limbah Botol Plastik



Cara mudah, praktis, dan murah membuat kerajinan tangan dari  limbah botol plastik merupakan ide kreatif dalam menangani masalah sampah atau limbah plastik di Indonesia, khususnya di Balongan (lebih khusus lagi di lokasi wisata Pantai Balongan Indah).  Seperti yang saya lihat dilokasi wisata pantai balongan indah banyak sekali sampah-sampah khususnya sampah plastik bekas minuman berserakan dan tidak termanfaatkan. Padahal, kalau sampah plastik tersebut dimanfaatkan atau didaur ulang menjadi kerajinan tangan yang unik dan kreatif, tentunya ini akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat Balongan.

Kerajinan tangan unik dan kreatif limbah botol plastikPengolahan sampah atau limbah plastik menjadi kerajinan tangan yang unik dan kreatif akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Balongan. Manfaat tersebut diantaranya bisa menambah nilai manfaat, estetika serta nilai ekonomi bagi masyarakat Balongan. Oleh karena itu, perlu adanya ide-ide kreatif atau inspirasi untuk membuat atau mengolah limbah plastik tersebut agar lebih bermanfaat. Berikut contoh-contoh pengolahan sampah atau limbah plastik menjadi kerajinan yang unik dan kreatif. Semoga contoh-contoh berikut bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengolah sampah limbah plastik.

1. Tirai Bunga Untuk Ruangan Rumah.

tirai dari limbah botol plastik

Limbah botol plastik dapat diubah menjadi sebuah kerajinan tangan unik dan kreatif berupa tirai yang dipakai dalam ruangan. Tirai ini dapat dibuat secara mudah, praktis, dan murah. Alat dan bahan yang digunakan cukup memakai bagian bawah botol plastik bekas yang dipotong menggunakan cutter dan di rangkai dengan pola tertentu sesuai kreasi kita menggunakan tali. Selain itu, kita dapat menambahkan hiasan lampu LED yang kelap kelip tepat di bagian belakangnya, sehingga disaat malam tiba hiasan dari botol bekas ini memberikan suasana ruangan rumah menjadi hangat dan meriah.

2. Tas Imut

kerajinan tangan tas imut dari limbah botol plastik

Kreasi botol bekas berikutnya adalah tas imut. Tas imut ini bisa digunakan untuk menyimpan koin atau barang-barang kecil lainnya. Untuk membuat tas imut ini hanya dibutuhkan 2 buah botol plastik bekas dengan ukuran yang sama dan 1 buah resleting, serta lem/benang jahit. Cara pembuatan tas imut ini cukup mudah, praktis, dan murah. . Caranya gabungkan dua buah potongan bagian belakang dari botol bekas tersebut dan tambahkan resleting bisa dengan cara dilem atau bisa juga dijahit supaya lebih kuat. Mudah bukan?

3. Sapu dari Botol Bekas

kerajinan tangan sapu dari limbah botol plastik

Ide kreatif berikutnya adalah mengubah limbah botol plastik menjadi sapu. Untuk membuat sapu dibutuhkan minimal 4 buah botol plastik dengan ukuran yang sama dan sepotong kayu dengan panjang yang disesuaikan yang dipakai sebagai gagangnya. Cara pembuatannya sangat mudah, praktis, dan murah ( lihat gambar di atas).

4. Pot Bunga

 kerajinan tangan pot bunga dari limbah botol plastik

Botol bekas yang berserakan bisa kita ubah menjadi sebuah barang yang unik dan kreatif berupa pot bunga, seperti pada gambar di atas. Pot bunga dari limbah plastik ini sangat mudah, praktis, dan murah untuk dibuat. Bahan untuk membuatnya hanya memanfaatkan potongan botol plastik bekas dan dibentuk sesuai kretifitas kita. 

5. Tempat Penyimpanan Koran

 kerajinan tangan tempat koran unik dari limbah botol plastik

Karya unik dan kreatif dengan menggunakan botol bekas sebagai tempat penyimpanan koran ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk membuatnya di rumah. Selain menarik, desain ini mempunyai nilai manfaat yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sedikit modifikasi botol bekas yang semula tidak terpakai dapat terlihat lebih indah dan bermanfaat. Kita bisa membuatnya dengan mudah dan disesuaikan dengan kreatifitas kita.

6. Stempel Gambar Bunga

Kerajinan tangan stempel gambar bunga dari limbah botol plastik 
Kerajinan tangan unik stempel gambar bunga dari limbah botol plastik

Limbah botol plastik bisa dibuat menjadi stempel gambar bunga. Jadi kalau Anda ingin menggambar bunga di atas kertas atau media lukis lainnya, anda bisa menggunakan botol bekas tersebut sebagai alat lukisnya. Anda cukup menggunakan bagian belakang botol bekas yang telah di celupkan ke pewarna dan cetakkan di atas media gambar, maka akan terbentuk gambar motif bunga. Mudah bukan?

7. Peredam Suara Dalam Ruangan

kerajinan tangan unik kreatif peredam suara dari limbah botol plastik

Contoh pengolahan limbah botol plastik menjadi kerajinan tangan unik dan kreatif berikutnya adalah peredam suara dalam ruangan. Kita dapat menggunakan botol bekas sebagai tempat peredam suara bising, karena botol plastik mempunyai kemampuan untuk meredam suara bising yang sangat baik. Gambar diatas adalah contoh ruangan membaca yang didesain dengan menggunakan botol plastik sebagai tempat peredam suara. Kreasi yang sangat mudah, praktis, dan murah.

Semoga ide cara mudah, praktis, dan murah membuat kerajinan tangan unik dan kreatif dari limbah botol plastik di atas bisa menginspirasi dan memotivasi kita agar lebih kreatif mendaur ulang sampah dan lebih peduli dengan permasalahan sampah di lingkungan kita. Sehingga sampah tidak lagi menjadi masalah, melainkan menjadi berkah bagi kita semua. Ingin tahu cara yang lebih detail tentang pengolahan limbah plastik silahkan baca Cara Mengolah & Mendaur Ulang Sampah / Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Unik, Antik, & Kreatif


Baca juga:

42 komentar:

  1. ide yang luar biasa!

    BalasHapus
  2. Yang peredam suara cara ngebuatnya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. botol plastik disusun menyerupai dinding/tembok sudah bisa berfungsi sebagai peredam suara di dalam ruangan, ya tapi daya redamnya tidak sebaik bahan yang terbuat dari busa

      Hapus
  3. gue salut dengan idenya
    semoga saya bisa mempraktekannya

    BalasHapus
  4. Saya sk bgt . Smg sy bs memprktknnya sm anak didik sy

    BalasHapus
  5. Idenya bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas/mba lani... saya tunggu ide bagus dari mas/mba lani ya.., pasti BISA!

      Hapus
  6. cara buatnya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan buat pake cara ATM : Amati... Tiru... dan Modifikasi
      :)
      Selamat berkreatifitas, semoga tulisan ini bisa memotivasi kita semua untuk selalu berkreatifitas

      Hapus
  7. Balasan
    1. TQ BGT atas kunjungannya... semoga kerajinan tangan indonesia semakin mendunia :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. juragan toko vinyl..., anda lah yang sangat kreatif

      Hapus
  9. Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya, berawal dari yang biasa ini semoga bisa menginspirasi anda untuk membuat yang luar biasa :)

      Hapus
  10. Terima kasih for all atas kunjungan dan apresiasinya. Semoga ide yang biasa ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk menghasilkan ide yang luar biasa..

    BalasHapus
  11. Bagus banget. admin bisa dong saya bertanya tentang cara pembuatannya bila saya mengalami kesulitan dalam pembuatannya?

    BalasHapus
  12. keren infonya... nambah2 ide untuk berkarya lagi ^^
    cusss langsung praktek....

    kunjungi lapak kami juga sis http://indo-art.com/

    BalasHapus
  13. Luar biasa...jadi sayang buang barang-barang bekas..trima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  14. Wah kerajinan tangannya keren-keren kak :D
    Bisa nih dijual secara online di www.shopious.com :D

    BalasHapus
  15. Hehe, yang nomor 6 lucu ya, ternyata bagian bawah botol bisa menjadi cap gambar bunga yang cukup bagus dan menarik.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Idenya menarik, kerajinan tangannya juga keren.
    visit my site : iangaleri

    BalasHapus
  19. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Kreatif, perlu dipraktekan. Sukses terus buat kita ya.

    BalasHapus
  22. Ide yang sangat kreatif, semoga bermanfat bagi kita semua. Salam sukses.

    BalasHapus
  23. mantap bisa dipraktekan nih,,hehe.e...e
    thanks ya gan informasinya..

    BalasHapus
  24. Articel yang super informative, terima kasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: