Selasa, 01 Januari 2013

BALONGAN, DESA YANG YANG TERANCAM?


Balongan merupakan daerah yang berada di  pinggir garis pantai dan wilayah kilang pertamina Balongan. Sebelah utara desa balongan adalah pantai dan sebelah timur-selatan adalah kilang pertamina meliputi unit pengolahan, unit lpg, dan unit pemasaran. Sedangkan sebelah barat dari wilayah balongan adalah jalan akses menuju kota indramayu.

Dilihat dari posisi lokai desa balongan tsb. Desa ini memang mempunyai  potensi bahaya yang mengancam keberlangsungan atau kenyamanan hidup warga. Posisinya yang berada di pinggir pantai, desa ini rawan terkena banjir rob. Apalagi kian hari tepi pantai balongan kian habis terkikis oleh air laut ( terjadi abrasi ). Dampak abrasi ini  tentunya akan menimbulkan masalah besar, yaitu terendamnya pemukiman warga dan asset milik Negara yang dikelola  oleh pertamina. Walaupun penanganan abrasi ini telah dilaksanakan dengan pemasangan break water dan penambakan tepi pantai balongan. Namun, penanganan ini dinilai setengah-setengah dalam pelaksanaannya. Hal ini terbukti dengan
melihat wujud break water dan penambak yang asal jadi dan asal ada. Sehingga hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, bangunan-bangunan tersebut sudah ambruk. Seharusnya dari pihak-pihak yang berwenang mempunyai program penanganan abrasi  yang terencana dan komprehensif. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pemeliharaan atau perawatan. Sekarang yang terjadi, pelaksanaan proyeknya asal ada dan asal jadi, yang penting proyek berjalan dan menguntungkan pelaksana proyek. Dan program penganan abrasi ini hanya sebatas perencanaan dan pelaksanaan ( pembuatan ) tanpa dibarengi program pemeliharaan yang jelas.

Selanjutnya, posisi wilayah balongan berada  di sekitar area pertamina balongan. Desa ini merupakan daerah penyangga pertamina balongan. Tentunya daerah ini akan menerima dampak dari setiap kegiatan produksi pertamina. Limbah produksi dan asap dari armada transportasi pengangkut BBM pertamina inilah yang mengancam kesehatan warga dan lingkungan desa balongan. Walaupun pertamina telah melaksanakan CSR dalam bentuk pemberian susu kepada per kepala warga balongan, namun pemberian susu tersebut tidak seberapa dibandingkan dampak yang ditimbulkan oleh limbah dan polusi udara yang terjadi. Balongan memang sebuah desa yang terancam. 

Lalu bagaimana sikap kita untuk mengubah desa yang terancam menjadi desa yang aman dan nyaman?
Untuk mengubah desa balongan menjadi desa yang aman dari timbulnya bahaya akibat letak geografisnya, perlu dilakukan beberapa langkah berikut:
  1. Tinjau ulang program penanganan abrasi saat ini dan lakukan penanganan abrasi secara terencana,  komprehensif dan sinergis.
  2. Angkat masalah lingkungan dan kesehatan sebagai isu sentral dalam melakukan pressure kepada stake holder agar kebijakannya berpihak kepada perbaikan kualitas lingkungan dan kesehatan warga.
  3. Masyarakat membangun kemandiriannya untuk aktif partisipatif dalam perbaikan kualitas lingkungan dan kesehatan.

Semoga dengan langkah-langkah di atas, Balongan bisa berubah menjadi desa yang aman dan nyaman. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: