Kamis, 03 Januari 2013

Potensi desa balongan yang bisa dikembangkan

Desa balongan merupakan wilayah pantaidan wilayah yang terletak di sekitar kilang pertamina. Dengan posisinya yang seperti itu, balongan mempunyai potensi-potensi yang bisadikembangkan dan bermanfaat bagimasyarakat  .
Adapun potensi yang bisa dikembangkan:
  1. Potensi sumber daya alam berupa laut. Laut merupakansumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk mendukung kemandirian dan kesejahteraan masyarakat balongan. Seperti  pengelolaan laut sebagai tempat wisata, membuat pasar apung, pengolahan garam, perikanan, membangun pembangkit listrik tenaga ombak atau angin, penyulingan air asin menjadi air tawar,dan masih banyak potensi lainnya yang bisa kita gali dan kita kaji untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakat balongan.
  2. Potensi Sumber daya manusia, sumber daya manusia di balongan untuk masa-masa ke depan akan mengalami perubahan yang lebih baik secara kuantitas dan kualitas.Ini bisa dilihat, dari waktu ke waktu jumlah masyarakat balongan yang mengenyam jenjang pendidikan yang lebih tinggi semakin meningkat. Dengan semakin meningkatnya jumlah warga yang terdidik, insya alloh perubahan ke arah yang lebih baik di desa balongan akan tercapai. Tinggal bagaimana    bisa memberdayakan SDM ini untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakat balongan.  Dan kita juga harus bisa menyamakan visi dan misi di semua kalangan masyarakat balongan untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat balongan yang mandiri dan sejahtera.
Selain kedua potensi di atas, masih ada lagi potensi yang lain, yaitu: infrastruktur di sekitar wilayah balongan. Ada beberapa perusahaan di balongan, dan ini bisa dijadikan mitra dalam rangka melaksanakan program kerja-program kerja untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan. Melalui program CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan di wilayah balongan, kita bisa menjadi lebih terbantu untuk membangun masyarakat balongan yang mandiri dan sejahtera.

Itulah potensi-potensi yang luar biasa, yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan masyarakat balongan yang mandiri dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: