Senin, 07 Januari 2013

Peranan Kaum Muda Menuju Balongan yang Lebih Baik.


Kaum muda adalah pemain penting dalam suatu gerakan untuk suatu perubahan baik global maupun local. Karena pada diri kaum muda masih terdapat idealism dan energy  yang  cukup tinggi. Di tingkatan nasional, peranan pemuda dalam melakukan perubahan sangat signifikan. Pada era kebangkitan nasional, para pemuda berjuang untuk mempersatukan anak bangsa di negeri ini. Pada era pra kemerdekaan RI, para pemuda berjuang untuk meraih kemerdekaan. Dan tentunya perjuangn kaum muda di negeri ini tidak berhenti sampai disitu, di era pasca kemerdekaan banyak pergerakan-pergerakan atau perjuangan kaum muda dalam melakukan perubahan. Peristiwa Malari dan gerakan reformasi 98 merupakan beberapa bukti bahwa kaum muda masih eksis dalam melakukan perubahan di negeri ini.

Dalam lingkup yang lebih kecil, Balongan merupakan salah satu daerah yang mulai menggeliat dan bangun untuk suatu perubahan. Ini terjadi berkat adanya
gerakan kaum muda setempat. Balongan yang tadinya  “anteng-anteng”   saja alias sunyi atau sepi dari suara perubahan, sekarang mulai menggeliat dan terbangun dari tidurnya karena adanya suara lantang perubahan yang diteriakkan oleh kaum muda balongan. Mulai dari masalah lingkungan sampai masalah perburuhan.

Perubahan yang terjadi di balongan karena adanya proses pengorganisasian dan proses penyadaran di kalangan kaum muda balongan. Proses pengorganisasian, di balongan telah terbentuk wadah-wadah aktifitas atau gerakan kaum muda seperti ikatan remaja balongan  (IRBA ), remaja islam masjid balongan ( RIMBA ), Paguyuban RW 02 Balongan, Forum Masyarakat Balongan ( FMB ), dan organisasi-organisasi dari luar yang masuk ke balongan. Semua organisasi tersebut dimotori oleh kaum muda. Proses penyadaran, sebagian kecil dari kaum muda balongan yang terpelajar dan mendapatkan proses penyadaran di lingkungan pendidikannya mulai tersadar akan pentingnnya sebuah perubahan. Dari kelompok-kelompok inilah, proses penyadaran berlanjut atau ditularkan ke kaum muda balongan yang lain. Alhasil proses penyadaran pun berlanjut menjadi sebuah aksi ril untuk membangun sebuah perubahan yang lebih baik di balongan.

Semoga peranan kaum muda dalam melakukan perubahan yang lebih baik dalam semua bidang di wilayah balongan terus berlanjut. Estafet perubahan akan terus berjalan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya. Dengan demikian, pencapaian masyarakat balongan yang mandiri dan sejahtera akan segera terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: