Jumat, 22 Maret 2013

Buruh di Balongan Ribut Masalah Upah, Lebih Baik Berwira Usaha

Kenaikan upah dan penghapusan outsourcing menjadi isu sentral dari gerakan para buruh, tidak hanya buruh di Balongan tetapi buruh secara keseluruhan. Wajar, kalau buruh mengangkat isu ini.. karena selama ini buruh terus menjadi pihak yang selalu dirugikan oleh kebijakan-kebijakan yang lebih menguntungkan pemilik modal. Itu persepsi dari sudut pandang buruh. Lain halnya dengan persepsi dari sudut pandang pengusaha/pemilik modal, mereka memberi upah minimum kepada pekerjanya karena mereka merasa biaya produksi tinggi sehingga alokasi anggaran buat upah pekerja/buruh menjadi minim dan bagi mereka itu cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pekerjanya. Entah.. persepsi siapa yang benar? masing-masing pihak mempunyai alasan-alasan yang menguatkan persepsi mereka masing-masing.

Lalu apakah dengan kondisi yang dilematis ini kita hanya diam, tanpa berbuat untuk menghasilkan sebuah solusi? tentu tidak. Menurutku dari pada pihak pekerja ribut mempermasalahkan upah, lebih baik mereka membuat usaha atau berwira usaha (menjadi pengusaha ) dan membuka peluang usaha. Setelah itu, mereka lakukan kenaikan upah untuk pekerjanya. Realisasikan idealismenya pada saat menjadi buruh... menjadi sebuah tindakan nyata yang mengangkat nasib para pekerjanya. Sanggupkah?

4 komentar:

  1. Sudut Pandang dari seorang antek KAPITALIS...Puluhan, belasan tahun tertindas sekarang bicara SOLUSI....Blog juga cari iklan saja bicara solusi preeeeet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komennya... semoga komen anda bukan cerminan dari keputusasaan anda dalam mengubah keadaan.

      Hapus
  2. Cari iklan atau apapun bentuk usahanya selama itu baik dan bermanfaat, kenapa tidak? dari pada menghujat seseorang yang tidak tahu benar/tidaknya... lebih baik kita menginformasikan sesuatu yang baik dan bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Sedulur... saya gak paham apa itu kapitalis, apa itu sosialis,... maklum saya orang yang gak ngerti gerakan sosial. tapi kawan2 semua yang sudah berkomentar disini pasti lebih paham tentang itu. yang bilang antek kapitalis.. saya rasa Anda anti kapitalis.. tapi lucu juga ya.. banyak orang mengatakan dan mengaku anti kapitalis.. tapi masih mau juga pake produk2 buatan kaum kapitalis...he..he..

    Untuk Iklan.. ya memang blog ini bisa nafas hasil usaha sendiri bukan hasil korupsi ataupun hasil bayaran ikut demonstrasi. Saya buat blog ini hasil jerih payah sendiri.. ya sedikit2 dari iklan.. lumayan. yang penting saya tidak minta ke Anda. Tapi kalau Anda mau jadi sponsorpun silahkan... saya terima .. he,,he,,,

    Masalah solusi yang saya jabarkan dipostingan, itu memang sesuatu yang remeh bagi anda. Ya.. maklum, hanya itu yang baru bisa saya berikan dan lakukan untuk membantu kesejahteraan ekonomi kawan2 buruh.
    Saya yakin solusi yang anda berikan lebih baik dan lebih dulu anda suarakan dan anda lakukan daripada saya, ya semoga saja 1001 solusi yang telah anda buat juga memberikan bekas nyata terhadap peningkatan kualitas hidup buruh.



    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: