Jumat, 27 Mei 2016

Kerajinan Khas Kota Wisata Indramayu

Indramayu sebagai Kota Wisata pasti mempunyai sesuatu yang menjadi ciri khasnya. Sebutlah "buah Mangga", buah ini menjadi ciri khas dari Kota Indramayu, sehingga Indramayu dikenal dengan sebutan "Kota Mangga". Tapi tahukah Anda, kalau Indramayu ini mempunyai ciri khas lainnya? Anda bisa menyebutkannya? Ya.. Betul "Kerajinan Batik Paoman". Kerajinan batik ini sudah menjadi ciri khas dari kota Indramayu. Motif dan warnanya yang menarik, menjadikan kerajinan batik ini diminati oleh para pecinta batik di Indonesia, bahkan manca negara.

Kerajinan Batik Khas Kota Wisata Indramayu


Batik Paoman, batik ini berasal dari daerah Paoman yang berada di Kota Indramayu. Dilihat dari polanya batik Indramayu ini tergolong dalam kategori batik pesisir. Ya wajar karena Indramayu memang termasuk daerah pantai utara, sehingga batiknya pun umumnya menggambarkan suasana pesisir, misalnya motifnya bergambar seseorang nelayan yang sedang mencari ikan di laut.

Karakter lain dari batik Indramayu adalah nuansa flora dan fauna. dengan borgol dan banyak garis lengkung yang lancip (riritan), latar belakang putih dan warna gelap dan banyak titik-titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, dan bentuk dari isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Berikut beberapa motif batik dari Kota Wisata Indramayu
  • Motif Etong
  • Motif kapal terdampar
  • Batik Motif Ganggeng
  • Batik Motif Kembang Gunda
  • Batik Motif Swastika
  • Motif batik Merak Ngibing
  • Motif Batik Kereta Kencana
Batik Indramayu mempunyai perbedaan dengan batik dari daerah lain, diantaranya  adalah coraknya, dimana batik Indramayu lebih berani dalam menonjolkan coraknya, mengadopsi flora dan fauna dengan lebih banyak motif burung dan berbagai macam bunga serta tumbuh-tumbuhan.

Masyarakat Indramayu patut bangga karena daerahnya mempunyai kerajinan khas berupa batik, dimana keberadaanya sudah diakui dunia internasional. Oiya untuk anda yang berwisata ke kota Indramayu, jangan lupa ya untuk membeli kerajinan khas kota indramayu tersebut. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: