Senin, 23 Mei 2016

Fakta Unik Pantai Bali di Indramayu

Tahukah Anda kalau di Indramayu ada kawasan wisata Pantai Bali? Keberadaannya ini telah menguatkan citra Indramayu sebagai Kota Wisata.  Penasaran kan dimana keberadaan Pantai Bali ini? Supaya Anda tidak penasaran, baca terus sampai selesai postingan ini ya.

Pantai Bali merupakan singkatan dari Pantai Balongan Indah. Kawasan wisata Pantai ini terletak di desa Balongan II, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. "Yaah.. kirain pantai Bali beneran", mungkin itu reaksi Anda. Tapi tunggu dulu, ada pertanyaan yang akan membuat anda tambah penasaran lagi. Tahukah anda fakta unik dari Pantai Balongan Indah ini ?
 

Pantai ini merupakan tanah timbul atau pasir yang terkumpul pengaruh dari adanya bangunan breakwater yang dibangun sejak tahun 2010. Sebelum adanya bangunan breakwater, kawasan ini merupakan daerah yang terkena dampak abrasi.
 
Terkikisnya daratan akibat abrasi ini membuat resah/khawatir masyarakat setempat. Masyarakat Balongan khawatir desa mereka akan terkena banjir rob. Kekhawatiran mereka  sangatlah wajar, karena dari hari ke hari daratan yang ada di pantai balongan ini semakin habis terkikis, dan bibir pantai semakin mendekati pemukiman warga.
 
Berawal dari keresahan tersebut, akhirnya masyarakat Balongan menuntut pihak-pihak yang terkait dengan masalah abrasi agar segera melakukan penanganan terhadap masalah abrasi yang terjadi di sepanjang pantai balaongan. Perlu memakan proses dan waktu yang relatif lama, untuk mewujudkan tuntutan warga tersebut. Berulang kali demo dan audiensi dengan pihak terkait, diantaranya pihak Pertamina yang beroperasi di wilayah Balongan dan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu.
 
Alhamdulillah, berkat usaha masyarakat Balongan dan kerja sama yang baik dengan pihak terkait, Penanganan abrasi yang terjadi di sepanjang pantai Balongan pun terwujud. Pemerintah dan pihak Pertamina mengalokasikan dana untuk penanganan masalah tersebut dan direalisasikan dalam bentuk pembangunan breakwater atau pemecah gelombang air laut.
 
Beginilah kondisi Pantai Balongan Indah (Tahun 2010) sebelum dipasang atau dibangun breakwater. Kawasan yang sekarang dijadikan lahan obyek wisata, hanyalah lautan dengan kedalaman hingga 1 meter.
 
Fakta Unik Pantai Bali di Indramayu Kota Wisata sebelum pemasangan breakwater tahun 2010
 
 
Dan beginilah kondisi sekarang (Tahun 2016) setelah adanya pembangunan breakwater. Muncul daratan baru, yang sekarang dijadikan Lahan Obyek Wisata Pantai Balongan Indah.
 
Kondisi Pantai Bali di Indramayu Kota Wisata setelah pemasangan breakwater
 
 
Proses pembentukan daratan baru ini tidaklah instan, namun membuthkan waktu yang relatif lama. Dari tahun ke tahun, penambahan daratan pun semakin siginifikan. Dan kawasan pantai balongan indahpun semakin luas.
 
Kawasan ini pun akhirnya dikelola dengan baik; dijadikan sebagai kawasan obyek wisata yang sekarang dikenal dengan sebutan Pantai Bali atau Pantai Balongan Indah. Pantai ini pun menambah koleksi destinasi wisata di sekitar Kota Indramayu. Semoga keberadaan pantai ini obyek wisata ini semakin menguatkan citra Indramayu sebagai Kota Wisata. Demikian ulasan mengenai salah satu fakta unik dari pantai Bali (Balongan Indah) yang ada di Indramyu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: