Senin, 02 September 2013

CSR Pertamina Balongan Bina Desa Mandiri di Kabupaten Indramayu

Bina Desa  Balongan Mandiri
Pertamina Balongan sebagai sebuah BUMN yang sedang berkembang melaksanakan kegiatan CSR-nya dengan bentuk yang beragam. Salah satu bentuk konkrit CSR-nya adalah di bidang pengembangan masyarakat (Community Development). Bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) LPPM IPB, CSR Pertamina  berkonsolidasi untuk mengembangkan masyarakat di daerah lingkar Pertamina di Kabupaten Indramayu. Daerah tersebut terdiri dari 3 wilayah yaitu Desa Balongan, Desa Majakerta (Ring 1), dan Desa Karangsong (ring 3).

Program yang disebut sebagai Bina Desa Mandiri merupakan sebuah program pengembangan masyarakat melalui kegiatan pendampingan di sektor perekonomian yang berbasis pada sumber daya lokal, kegiatan penanaman (penghijaun), dan pendampingan kegiatan PAUD dan Posyandu.


Kegiatan CSR di kota Indramayu diawali dengan dilaksanakannya social mapping di 3 daerah yaitu Desa Majakerta, Desa Balongan, dan Desa karangsong. Hal-hal yang disurvey dalam kegiatan ini mulai dari kondisi sosial, ekonomi, kultur  budaya, kesejahteraan masyarakat, tingkat pendidikan, dsb. Kegiatan ini tentunya berlangsung tidak sebentar yaitu dilaksanakan pada tahun 2009- 2010. 

Program pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan dikemudian hari disesuaikan dengan hasil dari social mapping yang dilaksnakan sebelumnya. Ada beberapa kegiatan usaha yang menjadi usulan untuk dijadikan program Bina Desa Mandiri. Kegiatan tersebut tentunya disesuaikan dengan sumberdaya lokal dan minat dari masyarakat.

Di Desa Majakerta kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dilaksanakan dengan kegiatan bantuan jaring untuk nelayan, budidaya itik dan entog, pengolahan keripik mangga dan pillus ikan tenggiri, pengolahan terasi, dan rintisan budidaya air tawar.

Di Desa Balongan kegiatan yang dilaksanakan yaitu budidaya lele, polikutur budidaya udang vaname dan rumput laut, Polikultur Budidaya udang Windu dan Bandeng, budidaya Itik dan Entog, penetasan itik, pengolahan kue, dan pengolahn terasi.

Di Desa Karangsong kegiatan yang dilaksanakan antara lain budidaya kepiting bakau, budidaya itik dan entog, bandeng tanpa duri, dan pelatihan mesin kapal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: