Jumat, 22 November 2013

Peluang Usaha Bengkel Las Di Balongan

Peluang usaha bengkel las di Balongan

Peluang usaha Bengkel las masih terbuka luas mengingat pertumbuhan penduduk dan perluasan sektor industri di indonesia, khususnya Pertamina di Balongan  masih sangat pesat. Pertumbuhan penduduk yang pesat pasti akan di ikuti oleh pertumbuhan jumlah perumahan dan pemukiman. dan setiap pemukiman rata rata membutuhkan jasa bengkel las untuk membuat produk-produk berbahan dasar besi , seperti pagar ,tralis,canopy, tangga besi dan lain sebagainya.

Begitu pula perluasan di sektor industi seperti Pertamina Balongan yang sekarang masih mengadakan perluasan usahanya, ini memberikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha bengkel las. Contohnya: para pelaku usaha bengkel las bisa mengajukan diri sebagai subkontraktor dari proyek-proyek yang diadakan oleh pihak pertamina Balongan. Atau bisa juga kalo bengkel las tersebut sudah berbentuk PT atau CV, pemilik bengkel bisa mengajukan diri untuk ikut tender proyek yang dilakukan oleh pertamina.



Untuk memaksimalkan pemanfaatan peluag-peluang yang ada tersebut, tentunya dibutuhkan persiapan diri untuk menjadi seorang pengusaha bengkel las yang handal. Berikut beberapa hal
yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang pengusaha bengel las:

1. Modal Keterampilan
Modal untuk membuat usaha bengkel las yang terpenting adalah sumber daya manusia yang memiliki keterampilan di bidang pengelasan. Minimal pemilik usahanya menguasai bidang pengelasan tersebut. Kalau sudah berkembang bisa merekrut tenaga kerja-tenaga kerja handal lainnya.

2. Modal Materi seperti: Tempat dan Peralatan Las
Tempat usaha adalah modal membutuhkan biaya yang besar. Anda bisa menyediakan tempat usaha ini dengan cara mengontrak tempat atau membelinya jika anda mampu. Bengkel las yang baik memerlukan luas yang cukup untuk bekerja, menyimpan stok bahan dan peralatan, serta dapat digunakan untuk menyimpan hasil kerja yang belum sempat terkirim. Carilah lokasi usaha yang strategis, gampang ditemukan dan mudah diakses, serta tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan warga sekitar. 

Selain butuh tempat, usaha bengkel las memerlukan peralatan khusus untuk menunjang usaha tersebut. Bengkel las harus mempunyai fasilitas listrik yang cukup. Untuk bengkel las pemula yang belum mempunyai banyak alat membutuhkan kira kira 4.400 w. Untuk bengkel las besar biasanya membutuhkan listrik hingga 11.000 W. Mengapa 4.400w. Peralatan lain yang perlu disipakan untuk menjalankan usaha las ini adalah Mesin Las atau Trafo Las, Cutter, mesin grinda, dan peralatan pendukung lainnya. 

Semoga gambaran diatas bisa membantu masyarakat balongan, khususnya para generasi muda Balongan yang berminat untuk membuka usaha bengkel las.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: