Senin, 08 Juli 2013

Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 5 )

Balongan, apa kabar? Semoga segera bisa mencegah terjadinya abrasi di Pantai Balongan Indah yang semakin parah. Setelah sekian banyak posting yang aku publishkan tentang Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu. Mulai dari Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 1 ), Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 2 ), Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 3 ), Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 4 ), sampai yang terakhir ini Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu ( Part 5 ), selanjutnya mari kita bahas...


BAB IV
KESIMPULAN

Dalam kasus seperti ini breakwater sangat berpengaruh guna menghambat proses sedimentasi serta abrasi oleh ombak dari lautan oleh karena itu pembuatan breakwater di daerah pinggiran laut telah dilaksanakan karena dampaknya sangat positif sekali jika dibuat serta ditangani oleh para ahlinya.
Salah satu fungsi dari breakwater yaitu jika berkurangnya energi gelombang di daerah terlindung akan mengurangi pengiriman sedimen di daerah tersebut. Maka pengiriman sedimen sepanjang pantai yang berasal dari daerah di sekitarnya akan diendapkan dibelakang bangunan. Pantai di belakang struktur akan stabil dengan terbentuknya endapan sediment tersebut
Dalam pembuatan breakwater di pantai balongan indramayu ini dilakukan guna mengurangi dampak dari abrasi yang terjadi, disamping itu pula pembangunan breakwater ini dapat dijadikan tempat sebagai tempat wisata dan tempat area memancing, tempat wisata ini dikelola oleh warga setempat, diantaranya ada tempat wisata pantai balongan indramayu.
Kondisi abrasi ini perlu ditangani bersama antara instansi-instansi terkait guna mencegah akibat yang berkelanjutan dan jika mungkin “mengembalikan” (merehabilitasi/merestorasi) fungsi pantai sebagai kawasan umum, wisata, dan prasarana social-religius masyarakat. Dalam hal ini pemerintah memiliki peranan sangat besar yakni dalam usaha membangun pengaman pantai. Pengaman pantai bertujuan untuk mencegah erosi pantai dan penggenangan daerah pantai akibat limpasan gelombang (overtopping).

Demikian akhir dari Analisis Proses Sedimentasi Yang Terjadi Akibat Adanya Breakwater Di Pantai Balongan Indramayu, semoga hasil kajian ini bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua, khususnya masyarakat Balongan yang saat ini sedang dan terus menuntut dibangunnya breakwater-breakwater berikutnya untuk menangani terjadinya abrasi pantai balongan yang semakin parah saat ini. Kepada pihak-pihak yang terkait ( stake holder) baik pihak pemerintah daerah dari desa sampai provinsi, maupun pihak perusahaan yang mempunyai tanggung jawab di ranah ini bisa segera merealisasikan tuntutan masyarakat Balongan yaitu dibangunnya kembali breakwater disepanjang garis pantai Balongan. Semoga...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima Kasih Atas Kunjungannya: